hm


.

di newsfeed facebook lagi ada diskusi rame tentang penulis fiksi. ada satu pendapat yang bikin beberapa pihak sedikit shock/goyah: pendapat bahwa penulis fiksi itu penipu massal karena bikin banyak perempuan jadi delusional, terlalu menjual mimpi, dan membangun ekspektasi mustahil tentang laki-laki yang mau dijadiin pasangan.

terus aku mikir; "wah ada juga ternyata yang mikir kayak gini."

i mean aku sering banget dipertemukan dengan penulis-penulis yang memang senang jadi penulis dan bener-bener aware dengan advantage dia sebagai penulis, tapi jarang banget aku nemu penulis yang berpendapat seperti itu. pendapat seperti itu ga bisa dibilang salah atau benar, namanya juga pendapat, tapi aku melihat bukti dari pendapat itu di sekeliling, dimana orang-orang kadang menemukan tipe idealnya dalam fictional characters dan jadi mematok standar tinggi untuk pasangannya di kehidupan nyata. itu menunjukkan betapa penulis yang satu ini memang aware akan keadaan ini, dan ia mengakui keadaan itu.

tapi bukannya aku mau membenarkan pendapat itu juga ya--karena gimanapun juga, aku punya pendapatku sendiri, dan gimanapun juga, itu cuma pendapat, opini. semua orang bebas mengungkapkan pendapat, setajam apapun pendapatnya. pendapat orang lain nggak selalu benar, pendapat kita juga nggak selalu benar. pernah mikir kalau pendapat orang-orang itu adalah kunci untuk jendela yang beda-beda, ketika dibuka pemandangan yang kelihatan beda-beda padahal masih di daerah yang sama. kita bisa melihat dunia nggak cuma dari satu sisi aja dan itu menyenangkan.

kritis aja; pendapat orang jangan terlalu dimasukin hati, kalau udah suka nulis ya udah nulis aja selagi nggak bawa keburukan.  dia berhak pegang pendapatnya sendiri, kita juga berhak dong pegang pendapat kita sendiri?

ini cuma masalah sudut pandang kok, kebetulan kita berdiri di tempat yang berbeda.

terakhir, mau ngutip kata-katanya kim jongin aka kai exo:

"No matter what you do, its easy to get scared if you don’t sincerely like it but you have to find the passion to enjoy it, and then you’ll be able to do it happily."

"If you forget why you started something, then it comes as a stress to you. So that's why I try to remember why I started it, I will remember why I start singing and dancing and try to get hold of my mind."
 

Your Reply