lately i've been so afraid


.

... takut akan waktu yang tampaknya berjalan dengan begitu nggak nyante karena kadang-kadang aku menemukan diriku mengatakan, "wow. [insert nama kejadian/hari/bulan/tahun/jam] aja.". beberapa menit yang lalu aku juga begitu.

udah pengumuman snmptn lagi aja, perasaan baru kemarin aku guling-guling di kamar, nervous tingkat berat mau liat hasil snmptn.

sebenernya sih kalau gini jatuhnya bukan 'afraid' atau 'takut' ya. 'takut' itu kan sesuatu yang ditujukan pada objek yang jelas; perasaanku ini mungkin lebih tepat dibilang anxious. gugup. gelisah. cemas. pada sesuatu yang belum pasti terjadi di masa depan. waktu terus bergerak mengantarkan kita semua melaju ke depan sementara aku nggak tahu apa yang akan terjadi nanti dalam perjalanan, dan apakah aku mampu untuk menghadapi hal-hal tersebut, apakah aku layak, apakah aku siap.

intinya masih, masih banyak keraguan. mungkin dari akunya sendiri yang merasa belum berakselerasi secara signifikan. mungkin karena kadar neurotikku lumayan tinggi. mungkin karena diri sendiri yang denial dan pengen jadi anak kecil terus. mungkin karena ... mungkin, belum bisa sepenuhnya mencoba keluar dari comfort zone. karena pada esensinya, masa depan menawarkan tantangan. gimana caranya bisa menghadapi tantangan itu kalo hidup masih menye-menye seperti sekarang ini.

(can i pass as an independent, reliable adult? well ..................... i have to.)

Your Reply