"young people these days..."


.

berawal dari Provoke edisi April sama curhatan  ceritanya salah seorang guru yang bisa disebut guru super gahol di 3, saya jadi ikutan pengen curhat nih. Haha.

Sesuai dengan judulnya, “Young people these days…” saya emang mau curhat tentang anak muda zaman sekarang sih haha. Meskipun saya enggak tua-tua amat #woi baru juga tujuh belas tahun lebih berapa bulan lupa hidup di dunia, tapi alhamdulillah saya udah bisa mengungkapkan apa yang saya pikirkan dan rasakan hahahah #naon

Kalau menurut yang saya baca di Provoke kemaren, yang terjadi pada saat ini adalah Youthanasia. Alias Youth-euthanasia, suntik mati kepada kepribadian generasi muda. Intinya sih, anak muda zaman sekarang itu sudah kehilangan jiwa mudanya, karena mereka terlalu cepet gede, dan gaya hidupnya beda, beda banget dengan anak-anak zaman dulu. Kalau kata si ibu gahol, “Lebih susah jadi orangtua zaman sekarang daripada zaman dulu.”

Iya juga sih.

“Dulu mah perasaan ga gini-gini banget…”

Iya juga sih.

Dulu, yang namanya main berkelompok, itu berkelompok, literally, bukan main game online pake network. Dulu mata kita nyaris ga pernah terpapar radiasi monitor komputer, sekarang anak-anak bisa nongkrong nyaris seharian di depan monitor. Ga sayang apa sama mata, udah bagus bisa lihat jelas tapi dirusak gitu (oke, saya ngomong sama diri sendiri juga yang suka ngerusak mata tapi bukan gara-gara komputer doang kok XD)

Yang pake hape ada, tapi jaraaaaaang banget, itu juga cuma buat SMSan, dan jarang gitu dimainin pas lagi kumpul bareng keluarga atau temen. Tapi sekarang? Duh, bahkan anak kecil aja BB-an pas lagi makan. Dulu itu dibeliin Tamagochi aja udah seneeeeng banget, sekarang nggak dibeliin Tablet PC malah ngambek.
==”a

Jujur saya bersyukur pernah mengalami masa-masa main yang bener-bener main. Congklak, rumah-rumahan, sepedahan, dan nggak terlalu terpapar sama kemajuan teknologi. Sebenernya kemajuan teknologi zaman sekarang memang banyak manfaatnya, tapi dampak negatifnya kan jadi begini.

Dengan kemajuan teknologi informasi, anak-anak jadi terlalu cepat gede. Mereka jadi tahu hal-hal yang seharusnya masih belum layak untuk mereka tahu, dan kehidupan sosial mereka juga jadi sedikit… apa ya, mungkin ‘bergeser’ dari yang lebih suka tatap muka jadi lebih suka via dunia maya. Saya sendiri bete lihat anak kecil yang sok-sok gede, pake makeup menor kayak tante-tante, kerjaannya ngegosip, main BB segala macem, nyanyi lagu lagu cinta norak…

…padahal masa kecil itu kan nggak akan keulang lagi, ngapain cepet-cepet jadi gede?

Nikmatilah. Untuk jadi dewasa itu ada saatnya, kok.

***

a/n: crosspost from my tumblr.

One Response to “"young people these days..."”

  1. Anonymous says:

    bagus Cha.:) Ini masih nyambung sma pendidikan berkarakter ? Karakter kn terbentuk karena interaksi langsung bukan sebaliknya

Your Reply