human behavior


.

hng

saya bersyukur masuk psikologi.

yang saya percaya adalah, psikologi itu 'mengamati perilaku orang'
bukan 'mengomentari perilaku orang sebebas-bebasnya, mau ngejudge dia kayak apa juga terserah saya.'

yang saya percaya psikolog itu, nggak boleh judgy.

saya adalah satu dari segelintir orang yang biasa dipandang sebelah mata. saya adalah orang yang kenyang dibilang 'sha, kamu kok kalo di internet bawel tapi di sini diem?' dan malah sering juga dibilang autis sama mereka yang salah kaprah dan seriously have no idea what is autism really means,

saya paling, paling nggak suka kalo sikap saya, perilaku saya, dikit-dikit dikomentari dengan alasan-alasan yang para pengomentar itu karang-karang sendiri dengan subjektif. apalagi kalau mereka nggak tahu saya. apalagi kalau mereka cuma kenal sama saya, bukan berteman dengan saya. ya, kenal sama berteman itu buat saya beda. like how you differ acquaintances with friends.


dan mungkin tipe orang seperti ini bukan cuma saya, hm?

tipe orang yang egois kayak gini, haha.

makanya saya, sedikit-sedikit, berusaha nggak terlalu judgy sama orang. karena saya juga ga suka dijudge orang.

katakanlah saya stoicist tapi saya emang percaya everything happen with a reason -- dan 'tingkah laku' juga termasuk daam 'everything' itu.


Your Reply